Penjelasan Kain Rayon Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri dan Tekstur

Bahan Rayon – Dalam industri tekstil dan konveksi, bahan rayon atau yang sering disebut juga dengan kain rayon ini merupakan salah satu jenis kain yang bahan dasarnya berupa serat hasil dari regenerasi selulosa.

Selulosa ini asalnya adalah dari dinding sel tumbuhan dan ada juga yang berasal dari katun serta pulp kayu yang dilarutkan. Bahan rayon ini tidak bisa kita golongkan sebagai serat alami atau serat sintetis sepenuhnya, karena istilah yang lebih cocok digunakan untuk menyebutnya adalah serat semisintesis.

Ciri-Ciri Bahan Rayon

Ciri-Ciri Bahan Rayon
Bahan Rayon

Nama bahan rayon ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda bukan? Namun, apakah anda sudah tahu ciri-ciri bahan rayon sehingga anda bisa lebih mudah ketika diminta untuk mendeteksinya? Jika belum, mari simak ciri-ciri bahan rayon yang ada di bawah ini:

1. Bahan rayon adalah bahan yang tidak mudah kusut.
2. Bahan rayon memiliki kilau alami yang tinggi.
3. Bahan rayon cenderung licin sehingga menyerupai bahan sutra.
4. Serat bahan rayon mengandung unsur kimia oksigen, hidrogen serta karbon.
5. Bahan rayon diketahui memiliki daya serap yang tinggi layaknya kain katun.
6. Tektur bahan rayon ini sangat lembut dan permukaannya juga halus.
7. Bahan rayon nyaman bila dipakai.
8. Bahan rayon mudah untuk diwarnai.
9. Karena bahan rayon mudah diwarnai dan mudah menyerap zat pewarna, bahan ini biasanya tampil dengan warna yang cerah.
10. Retensi bentuk serat bahan rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk kembali ke bentuk aslinya.
11. Bahan rayon juga dikenal sebagai bahan yang mudah terbakar, lebih mudah dibandingkan dengan bahan lain seperti katun, rami dan linen yang juga terbuat dari serat tanaman.
12. Bahan rayon yang biasa atau viscose tidak kuat seperti rami dan rentan terhadap kerusakan terutama bila berada dalam kondisi basah dalam waktu yang cukup lama, terpapar sinar matahari, jamur, asam serta setrika.

Kelebihan Bahan Rayon

Kelebihan Bahan Rayon
Bahan Rayon

Anda harus tahu bahwa bahan rayon ini adalah salah satu bahan yang banyak digunakan di seluruh dunia, terutama dijadikan sebagai pakaian. Hal ini tidak lain karena bahan rayon memiliki beberapa kelebihan seperti yang ada di bawah ini:

1. Daya serap tinggi

Kelebihan bahan rayon yang pertama adalah daya serapnya yang tinggi. Karena daya serap yang tinggi inilah anda bisa menjatuhkan pilihan padanya apabila anda merupakan tipe seseorang yang selalu menghasilkan keringat berlebih.

2. Lembut

Kelebihan lain yang dimiliki oleh bahan rayon adalah lembut. Inilah kenapa banyak orang yang suka menggunakan bahan ini sebagai pakaian, mukena, atau yang lainnya. Tekstur nya yang lembut membuat potensi menimbulkan luka pada kulit hampir tidak ada.

3. Harganya murah

anda bisa dengan mudah menemukan bahan rayon ini. Tak hanya mudah saja, anda pun tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk mendapatkannya, karena harganya cukup terjangkau.

4. Terdiri dari berbagai warna

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahan rayon ini termasuk bahan yang mudah untuk diwarnai. Makanya tidak heran bila banyak sekali bahan rayon beraneka warna di luaran sana.

Selain itu, bahan rayon ini sifatnya juga mudah untuk menyerap warna, sehingga bahan ini sering hadir dengan warna-warna yang cerah.

5. Terdiri dari Beberapa Varian

Kelebihan bahan rayon yang lainnya adalah terdiri dari beberapa varian yaitu rayon PE (Polyester), rayon jersey dan rayon spandek.

Jenis Jenis Bahan Rayon

Jenis Jenis Bahan Rayon
Bahan Rayon

a. Rayon PE (Polyester)

Rayon PE (Polyester) adalah bahan yang dibuat dari campuran antara serat polyester dan serat rayon. Rayon PE (Polyester) ini harganya akan semakin murah bila kandungan serat polyester di dalamnya semakin tinggi.

Ini juga sekaligus menunjukkan bahwa kualitasnya buruk dengan karakteristiknya adalah mudah robek, agak kasar, dan tidak nyaman saat dipakai

b. Rayon Jersey

Rayon Jersey adalah bahan rayon yang dibuat dari percampuran antara benang dari serat jersey dan benang dari serat rayon

c. Rayon Spandek

Rayon Spandek adalah bahan rayon yang teksturnya lembut, sifatnya fleksibel, dan gampang untuk direnggangkan. Hal itu lah yang menyebabkan bahan rayon yang satu ini juga biasa dijadikan jilbab, kaos, serta pakaian olahraga

d. Rayon Crinkle

Rayon Crinkle merupakan bahan rayon yang permukaannya tidak rata dan berkerut layaknya kulit jeruk. Ciri-ciri jenis bahan rayon satu ini adalah lembut, dingin, tidak terlalu tebal, dan juga tidak terlalu tipis.

Kekurangan Bahan Rayon

Kekurangan Bahan Rayon
Bahan Rayon

Meskipun bahan rayon memiliki banyak kelebihan, dan banyak juga yang mengatakan bahwa bahan ini tingkat kenyamanannya seperti cotton, bahan ini tetap saja memiliki kekurangan. Beberapa dari kekurangan bahan rayon diantaranya sebagai berikut,

1. Bahannya licin

Licin adalah kekurangan bahan rayon yang pertama. Karena licin inilah bahan rayon mudah jatuh ketika digunakan.

2. Mudah kusut dan luntur

Apabila anda memiliki bahan rayon dan hendak mencucinya, jangan kaget bila nanti bahan ini kusut, karena ini termasuk kekurangannya. Selain mudah kusut, bahan rayon juga terkadang luntur ketika dicuci.

Oleh karena itu, jika anda memiliki jenis bahan ini di rumah, jangan gunakan bantuan mesin cuci. Selain karena mudah kusut, juga karena kekuatan bahan rayon ini tidak seberapa ketika basah.

3. Mengeluarkan bau yang tidak enak

Kelemahan bahan rayon yang selanjutnya adalah mengeluarkan bau yang tidak enak. Kelemahan bahan rayon yang satu ini akan terjadi apabila anda menggunakan dalam waktu yang cukup lama.

Sifat rayon itu mudah menyerap keringat, apabila anda menggunakannya secara terus menerus, sudah pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Tipis

Tidak hanya tipis saja, bahkan jenis bahan ini cenderung tembus pandang. Namun, hal ini masih bisa anda akali dengan memilih bahan rayon yang benar-benar berkualitas sehingga potensi tembus pandang atau transparan seperti ini tidak ada.

5. Mudah terbakar

Ciri-ciri rayon yang mudah terbakar juga sekaligus menjadi kelemahannya. Karena mudah terbakar, api bisa dengan cepat melahap bahan ini. Tingkat mudah atau tidaknya bahan rayon untuk terbakar tergantung pada bahan apa saja yang menjadi komposisinya.

6. Tidak mudah untuk dibuat

Dibandingkan dengan bahan yang lainnya, bahan rayon ini cenderung agak susah untuk dibuat. Apabila dibuat pun cukup berpotensi menimbulkan bahaya jika tidak menggunakan sarung tangan serta peralatan keselamatan.

Pembuatan bahan rayon ini melibatkan yang namanya natrium hidroksida. Kita tahu bahwasanya natrium hidroksida ini memiliki sifat korosif yang apabila mengenai kulit bisa menimbulkan luka bakar. Kemudian jika zat ini dilarutkan ke dalam air, dia akan memunculkan panas yang cukup tinggi.

Tekstur Bahan Rayon

Tekstur Bahan Rayon
Tekstur Bahan Rayon

Sesuai dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya, tekstur bahan rayon ini adalah lembut. Tetapi, ini tergantung pada jenis dan kualitas bahan rayon yang anda pilih karena seumpama anda memilih bahan rayon PE (Polyester), anda tidak akan menemukan tekstur yang lembut ini.

Campuran bahan rayon dengan bahan lainnya juga akan membuat tekstur nya tidak lembut, bisa menjadi sedikit kasar atau malah semakin lembut.

Bahan Rayon

Leave a Comment