Penjelasan Kain Fleece Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri dan Tekstur

Bahan Fleece – Bahan fleece merupakan bahan hasil akhir dari produk tekstil. Bahan ini merupakan imitasi wool dan biasanya banyak dimanfaatkan untuk membuat pakaian outdoor seperti jaket dan sweater. Selain dimanfaatkan untuk pakaian, bahan ini juga biasa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bedsheet dan selimut.

Berdasarkan material penyusunnya, bahan fleece bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis seperti fleece cotton, fleece micro, fleece polyester, fleece bamboo, fleece polar dan lain-lain. Bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang ramah lingkungan karena bisa dibuat bahkan dari limbah yang didaur ulang seperti plastik.

Ciri-Ciri Bahan Fleece

Ciri-Ciri Bahan Fleece
Bahan Fleece

Bahan fleece sangat mudah untuk dikenali jika kita tahu ciri-cirinya apa saja. Untuk mengenali bahan tersebut, berikut beberapa ulasannya:

1. Bagian luar bahan fleece ini sangat lembut tetapi agak berbulu.
2. Bagian luar bahan fleece apabila disentuh akan terasa sangat hangat.
3. Mampu menyerap panas dengan baik.
4. Mampu menyerap air dengan baik.
5. Mampu menyerap keringat dengan baik.
6. Mampu melancarkan sirkulasi udara dengan baik.
7. Bahan fleece tidak mudah melar.
8. Bahan fleece mudah terbakar.
9. Bahan fleece cenderung bisa menghasilkan listrik statis yang lebih besar dibandingkan dengan bahan lainnya.
10. Memiliki sifat yang elastis.

Kelebihan Bahan Fleece

Kelebihan Bahan Fleece
Bahan Fleece

Selayaknya bahan lain dari dunia tekstil dan konveksi, bahan fleece ini juga memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantara kelebihan bahan fleece tersebut adalah sebagai berikut:

1. Harganya relatif murah

Ini adalah kelebihan bahan fleece yang pertama, yaitu harganya relatif murah. Pastinya, harga yang relatif murah ini memungkinkan bahan fleece dimiliki oleh siapa saja yang menginginkannya, termasuk anda.

2. Cepat kering

Begitu anda selesai mencuci bahan ini, dimanapun dan bagaimanapun cara anda mengeringkannya, bahan ini bisa kering dengan cepat. Kelebihan bahan fleece yang satu ini juga membuatnya cocok untuk digunakan di daerah pegunungan yang udaranya cenderung lembab dan sering terjadi hujan.

Sekalipun dikenakan dalam kondisi basah, bahan fleece ini tetap bisa memberikan rasa hangat karena dia ‘melaksanakan’ perannya sebagai insulator tubuh dengan baik.

3. Memungkinkan terjadinya sirkulasi udara

Bahan fleece memiliki kemampuan breathability yang bisa dikategorikan cukup baik. Sehingga saat digunakan, tetap memungkinkan untuk terjadi sirkulasi udara. Hal ini terjadi karena bahan ini memiliki serat yang dipola sedemikian rupa, yang selain bisa membuat anda merasa hangat, juga tidak akan membuat anda gerah.

4. Teksturnya lembut

Bahan fleece ini memiliki tekstur yang lembut sehingga apabila dikenakan, orang yang menggunakannya pun akan merasa nyaman, tanpa perlu khawatir kulitnya akan gatal-gatal atau iritasi.

5. Sifatnya elastis

Sifat bahan fleece yang elastis membuatnya sangat mudah untuk dilipat, sekalipun bahan ini berbentuk jaket yang tebal. Kemudian, jika suatu saat anda mengalami kenaikan berat badan, sifat elastis bahan fleece ini juga tetap memungkinkan anda untuk menggunakannya.

6. Awet dan tahan lama

Khusus untuk fleece cotton, ada kelebihan tersendiri yang dibawanya. Diantaranya adalah awet dan tahan lama. Untuk tingkat kelembutannya juga cenderung akan bertambah sejalan dengan lama penggunaannya.
Kekurangan Bahan Fleece

Kekurangan Bahan Fleece

Kekurangan Bahan Fleece
Bahan Fleece

Berbagai kelebihan bahan fleece yang ada di atas memang sudah diakui oleh banyak orang. Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa bahan ini juga memiliki kekurangan. Adapun beberapa kekurangan bahan fleece ini adalah sebagai berikut:

1. Tidak tahan terhadap angin

Tidak tahan terhadap angin memang merupakan salah satu kelemahan bahan fleece. Kelemahan ini muncul karena bahan fleece termasuk bahan yang akan meninggalkan ‘kerenggangan’ sehingga angin bisa keluar masuk dengan mudah.

Meskipun demikian, bahan fleece ini masih sanggup memberikan rasa hangat pada pemakainya, berkat keberadaan lapisan berbulu yang ada di bagian dalamnya.

2. Mudah terkena debu dan mudah menarik rambut

Ternyata bahan fleece juga memiliki kekurangan lain yang cukup unik, yaitu mudah terkena debu serta mudah menarik rambut. Hal ini karena bagian luar kain fleece juga terdapat bulu-bulu sama seperti bagian dalamnya. Bulu-bulu inilah yang membuat debu bisa hinggap, terperangkap, dan rambut bisa tertarik.

Maka dari itu, jika anda menggunakan bahan fleece ini, harap berhati-hati supaya pakaian anda tetap bersih dan rambut anda tidak tertarik. Kalau untuk masalah rambut mungkin yang lebih berpotensi adalah rambut yang panjang sementara untuk rambut pendek tidak terlalu.

3. Proses mencuci yang cukup merepotkan

Harap diingat bahwasanya bahan fleece ini adalah bahan yang perlu anda rawat dengan seksama jika ingin awet. Salah satu caranya adalah tidak mencucinya dengan pewangi ataupun pemutih. Kenapa? Karena kedua benda ini bisa merusak kemampuan bahan fleece dalam menyerap air.

Apakah boleh mencuci bahan ini dengan menggunakan mesin cuci? Boleh. Anda boleh melakukan hal tersebut dengan catatan, setel mesin supaya berada di suhu yang paling rendah dan putaran yang paling lembut.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membalikkan bahan sehingga bagian dalam berada di luar dan bagian luar berada di dalam. Hal ini perlu anda lakukan supaya bahan tidak rusak.

Soal mengeringkan, anda bisa mengeringkan bahan ini dengan menggunakan mesin ataupun menjemurnya, tetapi lakukan di tempat yang teduh. Hindari menjemur bahan fleece di bawah sinar matahari secara langsung supaya warnanya tidak lekas pudar.

4. Kurang cocok untuk suhu ekstrem

Meskipun bahan fleece memiliki kemampuan menghangatkan badan, tetapi bahan ini masih kurang cocok jika digunakan di daerah yang suhunya ekstrem hingga mencapai minus derajat celcius misalnya. Sebagai gantinya, gunakan bahan wool saja.

5. Bagian luar yang mudah mengelupas

Nah, ini juga menjadi kekurangan bahan fleece. Selain mudah terkena debu, dengan kata lain mudah kotor, bagian luar bahan fleece ternyata juga mudah mengelupas, sehingga anda harus berhati-hati ketika memakainya.

Pengelupasan semacam ini tetap akan terjadi secara perlahan walaupun anda tidak mencucinya.

6. Segi warna dan elastisitas

Dari segi warna pun, meski bahan fleece ini sudah dibekali dengan warna yang bagus, tetapi semakin lama tetap akan semakin memudar apabila dicuci.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahan ini adalah bahan yang elastis, tetapi ini juga menjadi kekurangannya, dimana bahan fleece ini justru akan semakin melar seiring dengan berjalannya waktu.

7. Agak berat

Bahan fleece ini kurang begitu direkomendasikan pada orang-orang yang tidak suka dengan busana berat. Mengapa? Karena bahan ini mempunyai warm to weight ratio yang lumayan besar sehingga juga berpengaruh pada beratnya.

Tekstur Bahan Fleece

Bahan Fleece
Bahan Fleece

Menyinggung tekstur, seperti yang sudah disinggung di atas, bahan fleece ini diketahui memiliki tekstur yang sangat halus dan juga lembut. Maka dari itu, jika anda berniat untuk mencucinya, dan berniat untuk menyikatnya, sebaiknya gunakan sikat yang halus.

Gerakkan sikat ini secara searah, jangan dibolak balik dengan durasi waktu yang terlalu lama. Jika menyikat tidak searah, lama-kelamaan tekstur yang menjadi cirikhasnya akan hilang, bahkan bahannya bisa menjadi kasar.

Bahan Fleece

Leave a Comment